ARTIKEL BAHAN BAKAR MINYAK

Standard

Kini telah beredar informasi di televisi maupun di tempat umum tentang kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah SPBU, Hal ini di sebabkan karena meningkatnya kendaraan seperti motor maupun mobil.Di tambah lagi kendaraan pribadi yang dimiliki oleh para pejabat.Sehingga berdampak pada kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di karenakan tingginya penggunaan (BBM).Bahan bakar minyak yang biasa di gunakan kendaraan yaitu bensin dan solar.

Hal ini semakin membuat warga resah,karena dengan kelangkaan ( BBM) menyebabkan naiknya harga BBM.Para warga sangat menyayangkan hal ini, terlebih dengan warga yang berprofesi sebagai tukang ojek maupun supir angkot.Jika Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) masih terus berkelangsungan maka warga akan kewalahan dengan naiknya harga (BBM), terutama bagi warga yang kurang mampu.

Bahan bakar minyak di ambil dari dalam tanah dan berasal dari fosil hewan dan tumbuhan, jika di ambil secara terus-menerus lama-kelamaan bahan bakar minyak akan habis.Jika hal ini terus-menerus berlangsung akan menyebabkan kerugian terutama transportasi di indonesia dan dapat pula menipisnya persediaan bahan bakar minyak.

Hal ini dapat di tangani dengan beberapa solusi untuk menghemat bahan bakar minyak BBM yaitu :

  • Manfaatkanlah sepeda

Jika letak sekolah jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal alangkah baiknya jika menggunakan sepeda.Dengan bersepeda selain membuat badan sehat juga menghemat pengeluaran uang.

  • Gunakan kendaraan di saat ada kepentingan

Pergunakanlah kendaraan jika memang ada urusan yang penting dan mendadak yang membutuhkan ketepatan waktu.Janganlah menggunakan kendaraan hanya untuk pameratau kegiatan lain yang tak jelas manfaatnya.

  • Gunakanlah bahan bakar minyak yang sesuaidengan kondisi ekonomi

Bagi orang yang kondisi ekonominya menengah keatas alangkah baiknya menggunakan bahan bakar minyak non subsidi.Sebab, bahan bakar bersubsidi hanya diperuntukan untuk kalangan menegah kebawah untuk menunjang kegiatan ekonomi mereka.

  • Bahan bakar minyak alternatif

Meskipun bahan bakar  minyak alternatif belum beredar dan jarang ditemui kita dapat membuatny asendiri.Bahan yang digunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan,sampah, dan kotoran hewan yang bisa kitadapatkan secara mudah.Salah satunya minyak buah jarak, pohon jarak yang biasanya ditanam untuk pembatas tanah ternyata buahnya dapat dijadikan minyak yang kualitasnya hampir sama dengan solar.

 

Hal ini dapat mengajarkan kita dengan mempergunakan bahan bakar dengan sebaik-baiknya dan semoga artikel dapat bermanfaaat bagi semua.Dan dapat membuat membuat Indonesia sebagai negara yang maju.

Leave a comment